LATAR BELAKANG PATRIMONIAL MANAGEMENT

Posted: April 5, 2012 in TUGAS KULIAH ORGANISASI DAN METODE #

LATAR BELAKANG

Di Era Globalisasi seperti saat ini menyebabakan keterbatasan pada persediaan lowongan pekerjaan karena sumber daya manusia dan tenaga kerja tidak seimbang dengan lowongan pekerjaan yanga ada.Kesulitan dalam mencari pekerjaan tersebut mendorong mayoritas penduduk untuk berwira usaha atau mendorong seseorang atau sebuah keluarga untuk membuka usaha atau perusahaan sendiri dengan mengikuti cara kerja atau sistem Patrimonial management, selain memberikeuntungan yang lumayan juga dapat memberi lowongan pekerjaan pada anggota keluarga dan orang lain yang belum memiliki pekerjaan, sehingga perusahaan ini juga dapat mengurangi jumlah pengangguran sehingga dengan otomatis  dapat mensejahterahkan rakyat dan membantu perekonomian bangsa.

Permasalahan

Pada sistem patrimonial management seringkali timbul masalah-masalah .biasanya pada perusahaan patrimonial terjadi permasalahan dalam mengatur perusahaan keluarga, terutama dalam hal pergantian kepemimpinan. Sering pula muncul benturan-benturan antara kepentingan keluarga dengan kepentingan perusahaan dikarenakan dalam perusahaan patrimonial jauh lebih mementingkan keluarga dalam mengolah perusahaan dibanding oranglain. Sebagai contoh, perusahaan akan cenderung mempertahankan seorang anggota keluarga untuk bekerja meskipun ia kurang kompeten dalam pekerjaannya dibanding orang lain yang walaupun kemampuanya lebih kompeten,  sehingga akan membahayakan kelangsungan hidup perusahaan.

PEMBAHASAN

Political management pada umumnya dianut oleh suatu perusahaan yang dimiliki oleh anggota anggota keluarga.sebagian jabatan penting pada perusahaan tersebut dipegang oleh anggota keluarga. Biasanya perusahaan yang menganut sistem Patrimonial Managementt dikontrol dan dijalankan oleh anggota sebuah keluarga. Meskipun demikian bukan berarti bahwa pekerjaan dalam perusahaan harus merupakan anggota keluarga,banyak juga perusahaan Patrimonial memperkerjaan oranglain untuk posisi rendah,sedang posisi penting atau tinggi (Top Manager) dipegang oleh orang dari dalam anggota pemilik perusahaan. Partisipasi keluarga dalam perusahaan patrimonial dapat memperkuat perusahaan tersebut karenabiasanya anggota keluarga sangat loyal dan berdedikasi tinggi terhadap perusahaan milik keluarganya. Meskipun demikian, seringkali timbul masalah-masalah dalam mengatur perusahaan keluarga, terutama dalam hal pergantian kepemimpinan. Sering pula muncul benturan-benturan antara kepentingan keluarga dengan kepentingan perusahaan. Sebagai contoh, perusahaan akan cenderung mempertahankan seorang anggota keluarga untuk bekerja meskipun ia kurang kompeten dalam pekerjaannya sehingga akan membahayakan kelangsungan hidup perusahaan.

CONTOH PERUSAHAAN MANAGERIAL ELITE TYPE

1.PATRIMONIAL MANAGEMENT :Rumah makan,  warung – warung usaha kerajinan tngan atau handmade
2.PROFESINAL MANAGEMENT: PERTMINA,TELKOM, INDOSAT
3.POLITICAL MANAGEMENT : Kualisi partai golkar dengan partai gerindra

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s