BAB 3 Penggunaan Komputer di Pasar Internasional

Posted: November 2, 2012 in Sistem Informasi Manajemen 1#

Jenis-jenis Struktur Organisasi MNC

Untuk mempelajarinya pemakaian computer internasional perlu dimulai dari struktur organisasi. Banyak usaha telah di lakukan ahli-ahli teori manajemen untuk mengklasifikasikan dan menamakan berbagai struktur yang disukai MNC. Suatu pengklasifikasian, yang dibuat oleh William Egelhoff dari Fordham University, mengidentifikasikan empat jenis yang berbeda :

–          Divisi Fungsional Sedunia

–          Divisi Internasional

–          Wilayah Geografis

–          Divisi Produk Sedunia

 

Perlunya Koordinasi Dalam Suatu MNC

Kordinasi merupakan kunci mencapai keunggulan kompotitif dalam pasar global. Perusahaan-perusahaan yang tidak mampu mendapatkan control strategis atas operasi sedunia mereka dan mengelolanya dengan koordinasi global tidak akan berhasil dalam pesatnya ekonomi internasional. Kabar buruk bagi para eksekutif MNC adalah kenyataan bahwa tantangan koordinasi lebih besar bagi MNC dari pada perusahaan yang membatasi aktivitas-aktivitasnya di dalam negri.

Keuntungan Koordinasi

–          Fleksibilitas dalam memberikan respon terhadap pesaing

–          Kemampuan memberikan respon di suatau Negara atau wilayah

–          Kemampuan mengikuti kebutuhan pasar di dunia

–          Kemampuan mentransfer pengetahuan antar unit-unit

–          Pengurangan keseluruhan biaya operasi

–          Peningkatan efesien dan efektivitas dalam memenuhi kebutuhan pelanggan

–          Kemampuan mencapai dan mempertahankan keragaman produk

Strategi Global

Sementara multinasional bersifat desentralisai, strategi global mengumpulkan pengendalian di perusahaan induk. Perusahaan berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh dunia dengan produk-produk standar. Produk itu seluruh dunia di produksi secara sentral dan di kirimkan pada anak-anak perusahaan.

 

Strategi Internasional

Merupakan perpaduan sentralisasi pengendalian dari strategi global dan desentralisasikan pengendalian dari strategi multinasional.

Strategi Transnasional

Strategi ini menjadi popular di tahun 1980-an saat perussahaan-perusahaan menyadari bahwa mereka perlu lebih responsive pada tingkat anak perusahaan. Perusahaan induk dan semua anak perusahaan bekerja sama memformulasikan strategi dan kebijakan operasi, dan mengkoordinasikan logistic agar produk mencapai pasar yang tepat.

Di bawah ini adalah tujuh driver yang diidentifikasi melalui survey atas 105 MNC yang berkantor pusat di amerika serikat.

–          Sumber daya bersama

–          Operasi yang fleksibel

–          Rasionalisasi operasi

–          Pengurangan risiko

–          Produk global

–          Pasokan yang langka

–          Pelanggan tingkat perusahaan

Kendala Politis

Pemerintah Negara tempat anak perusahaan dapat memaksakan beragam pembatasan yang menyulitkan perusahaan induk untuk menyertakan anak perusahaan dalam jaringan.

Pembatasan Pembelian dan Impor Perangkat Keras

Pemerintah nasional berusaha melindungi perusahaan manufaktur local dan mendorong investasi asing dalam manufaktur local dengan menentukan hanya peralatan mendorong.

Pembatasan Pemroses Data

Kebijakan nasional mungkin mengharuskan data dip roses di dalam negri dari pada dikirimkan keluar negri dan dip roses di tempat lain.

 

Pembatasan Komunikasi Data

Karena jaringan komunikasi data berfungsi ssebagai system saraf GIC, pembatasan atas jaringan tersebut menjadi sangat mengikat.

Arus data lintas-lintas:

–          Data operasional, seperti data transaksi dalam system informasi akuntasi

–          Data pribadi, yaiutu data mengenai individu tertentu

–          Transfer dana elektronik dari satu Negara kenegara lain

–          Data teknik dan ilmiah

Menentukan sumber daya informasi

–          Menentukan jumlah dan lokasi pussat data regional

–          Mengidentifikasi penjual yang dapat menyediakan produk dan jasa bagi tiap anak

–          Membuat spesifikasi standar perangkat keras dan perangkat lunak yamh dapat di gunakan semua anak

–          Membuat rencana bagi satu atau berapa unit penolong yang membuat anak perusahaan

–          Siap menghadapi keterlambatan penerapan yang tidak di alami di Negara perusahaan

Pembuatan system pemakaian bersama data mencakup beberapa tugas.

–          Mengembangkan suatu model data global yang mendukung tujuan bisnis

–          Membentuk satu kelompok yang terdiri dari wakil perusahaan induk

–          Meneliti peraturan berbagai Negara untuk mengetahui berbagai pembatasan

–          Berdasarkan penelitian tersebut, menentukan apakah ddata akan dikirimkan

–          Menerapkan database

Penggunaan Komputer di Yunani

George Vlahos dan Thomas Ferratt, professor SIM di University of Dayton membuat atas 55 manajer perusahaan yang beroperasi di Yunani.

Para Pemakaian

Menunjukan rata-rata jam per minggu yang di habiskan untuk menggunakan computer oleh para manajer pada tiga tingkatan.

Perangkat Keras dan Perangkat Lunak

Hanya menggunakan computer personal atau terminal, dan PC lebih popular dari pada computer yang di hubungkan dengan jaringan.

Penggunaan Sistem Pakar Jepang

Rendahnya peringkat system pakar yang di berikan oleh para manajer perusahaan Yunani serupa dengan perkiraan hasil dari para manajer Amerika Serikat.

Dimensi-dimensi Struktural Pengolahan Informasi

Pengolahan informasi suatu MNC dapat di pandang sebagai berada pada dua poros. Pada satu poros, pengolahan informasi cenderung mendukung aktivitas taktis atau strategi.

Pemrosesan Informasi Taktis versus Strategi

Pemrosesan iformasi yang menengani transaksi harian dalam volume besar di sebut pemrosesan informasi taktis. Pemrosesan informasi strategi melibatkan penyaringan dan pengikhtisaran data akuntasi untuk menonjolkan masalah-masalah tingkat tertinggi .

Sistem pemrosesan transaksi

Sebelum komputer ada, sistem virtual perusahaan adalah kombinasi dari proses manual, mesin-mesin pembukuan yang digerakkan oleh kunci, dan sistem kartu berlubang(punch-card system) yang memproses data perusahaan. Data terdiri atas fakta dan angka yang biasanya tidak bermanfaat karena volumenya yang besar dan sifatnya yang masih belum diolah. Sistem berbasis komputer yang pertama disebut sistem pemrosesan data elektronik. Belakangan istilah sistem informasi akuntansi mulai dikenal. Kini sistem pemrosesan transaksi merupakan istilah yang telah umum. Sistem-sistem ini berbagi satu ikatan yang sama di mana mereka memproses data yang mencerminkan aktivitas perusahaan. Informasi adalah data hasil pemrosesan yang memiliki makna, biasanya menceritakan suatu hal yang belum diketahui kepada pengguna.

Evolusi di bidang aplikasi komputer

Sistem informasi adalah suatu sistem virtual yang memungkinkan manajemen mengendalikan operasi sistem fisik perusahaan.

Sistem fisik perusahaan terdiri atas sumber-sumber daya berwujud bahan baku, karyawan, mesin, dan uang. Sedangkan sistem virtual terdiri atas sumber daya informasi yang digunakan untuk mewakili sistem fisik. Sistem fisik sebuah perusahaan adalah sistem terbuka yang berinteraksi dengan lingkungannya melalui aliran sumber daya fisik. Suatu sistem informasi juga sistem terbuka. Sistem tertutup adalah sistem yang berkomunikasi dengan lingkungannya. Sistem yang benar-benar tertutup tidak akan berinteraksi dengan konsumen, manajer, atau siapapun, dan tidak menjadi perhatian dari pengembang dan pengguna sistem informasi.

 

 

Pengantar arsitektur komputer

Ketika seseorang memikirkan komputer, mereka sering kali memikirkan sekumpulan prosesor komputer dan alat-alat input dan output. Inti dari sebuah komputer adalah prosesornya. Prosesor, yang dikendalikan oleh sebuah sistem operasi seperti Windows XP, mengelola alat input dan output, alat penyimpan data, dan operasi atas data. Unit Pemrosesan Sentral (Central Prosesing Unit-CPU) mengendalikan seluruh komponen lain. RAM bertindak sebagai tempat kerja sementara bagi CPU, semakin besar area kerja maka akan semakin ceoat CPU menyelesaikan tugas-tugasnya. CPU dan RAM terdapat pada motherboard sebuah komputer, papan sirkuit yang menjadi tempat terhubungnya semua sarana. CD-ROM, USB flash driver, dan hard disk (yang juga dikenal sebagai hard drive) adalah alat penyimpanan data, namun berbeda dengan RAM mereka menawarkan penyimpanan data secara permanen, dan bukan sementara.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s