PERKEMBANGAN SIM DALAM MANAJEMEN

Posted: Januari 4, 2013 in Sistem Informasi Manajemen 1#, Tulisan

Di jaman sekarang ini globalisasi tidak hanya dalam dunia bidang ekonomi saja, lebih penting dari hal itu adalah globalisasi dalam bidang informasi. Dengan adanya perkembangan teknologi yang lebih sering disebut dengan Teknologi Informasi membuat seolah dunia ini tanpa batas. Peristiwa yang terjadi di manca negara dalam hitungan detik sudah bisa kita ketahui. Semua itu bisa terjadi karena adanya peran teknologi di dalamnya. Teknologi khususnya di bidang informasi memegang peranan penting bagi terciptanya kondisi tersebut. Informasi sudah menjadi kebutuhan pokok bagi setiap masyarakat di dunia dalam berbagai kepentingan, baik sosial, politik pertahanan dan keamanan maupun bisnis. Bagi sebuah lembaga yang besar kecepatan dan ketepatan informasi sudah menjadi hal yang wajib di mana hal ini akan sangat menentukan berbagai langkah yang akan diambil oleh lembaga tersebut. Di dunia bisnis, informasi pasar yang menyangkut perkembangan harga, ketersediaan bahan dan peluang pasar akan sangat menentukan perkembangan perusahaan. Dewasa ini teknologi informasi sudah dipergunakan oleh beberapa perusahaan besar untuk mendukung operasional perusahaan, dari urusan pekerja, produksi hingga ke masalah pemasaran. Penerapan teknologi informasi dari berbagai lembaga mempunyai tujuan yang berbeda-beda.


Efisiensi

Dengan penggunaan Teknologi informasi diharapkan terjadi proses efisiensi, dimana berbagai tahapan dalam pelaksanaan kegiatan tidak lagi membutuhkan waktu yang lama, biaya yang mahal dan tidak mengenal jarak.


Efektif

Dengan informasi yang tepat dan akurat sebuah lembaga bisa lebih mengontrol kinerjanya dalam mencapai sasaran yang telah ditetapkan, sehingga sesuai dengan target yang telah disepakati. Teknologi informasi memungkinkan kita untuk melakukan aktifitas bisnis selama 24 jam terus menerus, batas antar negara menjadi makin sempit, bahkan batasan waktu pun menjadi makin hilang. Penggunaan teknologi informasi dengan benar memungkinkan kita untuk bekerja melampaui rantai-rantai bisnis yang dalam Era Ekonomi Lama cukup panjang, birokratis dan mahal. Informasi mampu mengubah pola bisnis secara radikal, yang memungkinkan setiap perusahaan memiliki akses usaha dalam skala internasional.

Transformasi

DenganTeknologi informasi dengan sendirinya akan terjadi proses transformasi, di mana cara kerja konvensional dan tradisional dengan sendirinya akan tergantikan olehnya. Sebagai sebuah contoh, penyampaian sebuah surat tidak harus melalui kurir yang akan membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang lebih, tetapi dengan teknologi yang digunakan akan mempermudah komunikasi seperti yang kita inginkan tanpa kita harus pergi dari tempat duduk.
Sumberdaya dalam Teknologi Informasi
Dalam mencapai suatu tujuan harus didukung dengan sumberdaya yang cukup memadai. Penerapan teknologi informasi harus didukung dengan berbagai sumberdaya yang harus dipenuhi untuk mencapai sasaran seperti yang diharapkan. Beberapa sumberdaya tersebut adalah :

Perangkat Keras

Mencakup perangkat komputer beserta perlengkapannya. Pemenuhan spesifikasi komputer akan sangat menentukan kinerja perangkat tersebut.
Perangkat Lunak

Yang dimaksud perangkat lunak di sini adalah software atau aplikasi komputer yang digunakan. Pemilihan aplikasi komputer harus sesuai degan maksud dantujuan sebuah organisasi. Sebagai contoh, penerapan software untuk sebuah sistem informasi manajemen kepegawaian akan sangat jauh berbeda dengan sebuah sistem yang digunakan untuk pemasaran.

 

Pemilihan model/bentuk/jenis Sistem Informasi

Pemilihan sudah barang tentu akan mempertimbangkan berbagai kelebihan, kekurangan serta resiko yang akan dihadapi, sehingga berbagai hal yang akan mempunyai dampak merugikan terhadap organisasi akan dapat diminimalisir.Penyiapan dan Pemilihan SumberdayaTahapan, selanjutnya adalah menyiapan segala sarana dan prasarana yang dibutuhkan termasuk sumberdaya manusia yang diperlukan. Hal ini untuk menghindari pemakaian teknologi yang tidak tepat sasaran ataupun sia-sia.

 

Perencanaan Strategis Sistem Informasi

Teknologi berkembang sangat cepat, begitu pula dengan sebuah sistem. Penggunaan sebuah sistem harus selalu mengikuti perkembangan. Perkembangan sebuah sistem diperlukan dalam rangka pelayanan kepada pihak luar. Berbagai kemudahan dan fasilitas disediakan seiring dengan perkembangan teknologi yang bersangkutan. Dalam mengembangkan sebuah sistem diperlukan sebuah perencanaan yang matang, sebuah perencanaan strategis yang mencakup berbagai aspek dan melibatkan berbagai pihak untuk menanganinya.

Perencanaan Strategis Sistem Informasi diperlukan agar sebuah organisasi dapat mengenali target terbaik untuk melakukan pembelian dan penerapan sistem informasi manajemen dan menolong untuk memaksimalkan hasil dari investasi pada bidang teknologi informasi. Sebuah sistem informasi yang dibuat berdasarkan Perancangan Startegis Sistem Informasi yang baik, akan membantu sebuah organisasi dalam pengambilan keputusan untuk melakukan rencana bisnisnya dan merealisasikan pencapian bisnisnya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s