Artikel Wayne Rooney

Posted: Mei 19, 2014 in Uncategorized

Biografi Wayne Rooney

 

 

Nama Lengkap : Wayne Mark Rooney

Nama Panggilan: Rooney, Roonaldo, Shrek

Tanggal Lahir: 24 Oktober 1985

Posisi : Gelandang serang, Second forward

Informasi Klub:

Klub saat ini : Manchester United FC (2004-)

Klub sebelumnya :Everton FC (2002-2004)

Tim Nasional : Inggris

 

Tentang Wayne Rooney

Wayne Rooney mulai bermain sepak bola di tim Klub Everton U-19 pada tahun 2000. Wayne Rooney mulai menarik perhatian ketika bermain di FA Youth Cup di tahun 2002 dimana Rooney mencetak 8 gol dalam 8 permainan. Wayne Rooney memulai debit profesionalnya dengan Everton di tahun 2004. Dua tahun kemudian Rooney pindah ke Manchester United dengan transfer senilai 49 juta poundsterling, dan menjadikan Rooney sebagai pemain termahal di negaranya.

 

 

Prestasi dan Catatan Karir Sepak Bola Profesional Wayne Rooney

Wayne Rooney bergabung dengan Tim Nasional Inggris pada usia 17 tahun dan menjadi pemain termuda yang pernah bermain di Tim Nasional Inggris. Rooney kemudian juga menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Tim Nasional Inggris waktu melawan Macedonia pada kualifikasi Euro 2004.

 

Lepas dari kesuksesannya, Wayne Rooney juga dikenal karena temperamennya. Rooney mengumpulkan 12 kartu kuning selama musim 2003-2004. Perilakunya di lapangan juga menyebabkan Asosiasi Sekolah Sepak Bola Inggris batal menjadikan Rooney sebagai pemain tamu, karena mereka menganggap Rooney bukan contoh yang baik untuk pemain muda.

Wayne Rooney lahir di Croxteth, Liverpool. Sebagai anak kecil, Rooney bermimpi untuk bisa menjadi bagian dari tim favoritnya Everton.

 

Ketika bermain dengan klub Copplehouse, Rooney banyak terinspirasi dengan pemain idolanya di Everton Duncan Ferguson.

 

Everton

Pada 19 Oktober 2001, Rooney membuat sejarah di Liga Primer. Pada pertandingan Everton melawan Arsenal, Rooney mencetak gol di menit-menit terakhir dan memenangkan Everton. Gol itulah yang mendongkrak popularitas Rooney. Gol itu juga menjadikan Wayne Rooney sebagai pemain termuda yang pernah mencetak gol di Liga Primer saat itu. Pada tahun 2002, Rooney juga mendapatkan penghargaan BBC Sports Young Personality of the Year.

 

Di Everton, Wayne Rooney bermain tanpa kontrak karena umurnya yang baru 16 tahun. Dia harus berumur 17 tahun untuk dapat menandatangani kontrak, jadi dia terus bermain dengan bayaran 80 pounds per minggu.

 

Manchester United

Wayne Rooney bergabung dengan Manchester United pada bulan September 2004. Pada pertandingan pertamanya bersama MU tanggal 28 September 2004, Rooney mencetak hattrick dan memberikan kemenangan bagi MU 6-2 atas Fenerbahce. Wayne Rooney juga mencetak dua gol pada pertandingan final English Cup melawan Wigan Athletic. Gol intu membawa kemenangan bagi MU 4-0 dan di kejuaraan inilah Wayne Rooney menerima gelar juaranya yang pertama di karir sepak bola profesionalnya.

 

 

 

26 November 2006, Wayne Rooney menandatangani perpanjangan kontrak selama dua tahun, untuk kontrak yang mestinya berakhir pada 2010. Sehingga memastikan bahwa Manchester United menjadi rumah bagi Rooney sampai dengan 2012. Pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson menggambarkan Wayne Rooney sebagai “pemain muda terbaik yang pernah saya temui”.

profil biografi karir sepak bola wayne rooney manchester united

 

Wayne Rooney mengawali musim 2006-2007 dengan kurang bagus. Sepuluh pertandingan berlalu tanpa mencetak gol. Namun tampaknya semua kembali membaik lagi ketika pertandingan melawan Bolton, dimana Wayne Rooney mencetak hattrick.

 

Pada Liga Champions 2007, Rooney mencetak gol kemenangan 2-1 atas AS Roma. Dan pada semi final, Manchester United mengalahkan AC Milan 3-2 dimana dua gol diantaranya dicetak oleh Wayne Rooney. Meskipun MU tidak meraih gelar Liga Champions, namun kemampuan dan prestasi Rooney dalam membobol gawang lawan tidak pernah terlupakan. Sampai dengan bulan April, Wayne Rooney sudah mencetak 23 gol untuk Manchester United selam musim 06/07.

 

Pada musim 2008-2009, karir Wayne Rooney sedikit terhambat karena cedera kaki. Cedera itu terjadi pada tanggal 12 Agustus 2007 di pertandingan melawan Reading. Diperkirakan Wayne Rooney memerlukan waktu dua bulan untuk memulihkan cedera tersebut, tapi Sir Alex Ferguson mengatakan bahwa Rooney akan bermain lagi dalam beberapa minggu. Dan setelah kurang lebih sebulan istirahat, Wayne Rooney kembali ke lapangan, mencetak gol di Liga Champions melawan AS Roma.

 

Tim Nasional Inggris

Wayne Rooney memulai debutnya bersama Tim Nasional Inggris pada pertandingan persahabatan melawan Australia pada 12 Februai 2003. Rooney menjadi pemain termuda di Tim Nasional Inggris.

 

Euro 2004 menjadi dasar dari kesuksesan Rooney. Dalam pertandingan melawan Swiss, Rooney mencetak 2 gol, dan itu membuatnya menjadi pemain termuda yang mencetak gol di kompetisi Euro.

 

April 2006, sekali lagi Wayne Rooney mengalami cedera akibat tackle keras dari Paulo Ferreira (Chelsea). Dengan semakin dekatnya Piala Dunia 2006, Rooney harus cepat pulih karena Tim Nasional Inggris memerlukannya. Wayne Rooney telah menjadi pemain kunci dan juga favorit para pecinta sepak bola Inggris.

 

Publik sepak bola Inggris begitu antusias ketika menyaksikan Rooney memasuki lapangan pertandingan di Piala Dunia pada babak penyisihan grup melawan Trinidad/Tobago sebagai pemain pengganti di menit 82.

 

Sumber : http://sepakbloa.blogspot.com/2012/04/wayne-rooney.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s